Pages

Monday, April 8, 2019

Rutin Servis di Bengkel Umum, Bikin Harga Jual Mobil Bekas Anjlok?

Liputan6.com, Jakarta - Mobil bekas yang masih memiliki harga jual kembali tinggi, dipengaruhi oleh beberapa faktor. Selain kondisi kendaraan dan mesin, riwayat perawatan di bengkel resmi juga sangat berpengaruh terhadap harga jual kembali.

Namun, kebiasaan bagi pemilik mobil yang sudah habis masa garansi, lebih memilih melakukan perawatan di bengkel umum. Alasannya beragam, mulai dari dekat rumah atau kantor, tidak perlu antre, atau harga yang lebih murah.

Tapi ingat, melakukan perawatan bisa menurunkan harga jual, terlebih bengkel umum sembarangan di pinggir jalan.

Menurut Gunawan, Manager Operasional Carfix Indonesia, melakukan perawatan atau servis rutin di bengkel umum sejatinya tidak menurunkan harga jual. Terlebih, bengkel umum yang baik dan memiliki sistem, dan terekam semua.

"Bengkel yang bagus, semua tersistem. Mulai dari pendaftaran, mekanik, dan semua yang dikerjakan atau sparepart yang diganti terekam dengan jelas," jelas Gunawan saat ditemui di Bengkel Carfix, Pondok Indah, Jakarta Selatan, beberapa waktu lalu.

Lanjutnya, selain yang memiliki sistem, bengkel yang baik juga adanya pelatihan khusus untuk sumber daya masnusia (SDM) atau mekaniknya. Pasalnya, teknologi di kendaraan itu berkembang tersebut.

"Kalau tidak begitu, saat pelanggan bawa mobil tersebut, belum tentu mekanik mau memperbaharui pengetahuannya, banyak bengkel yang asal coba dulu," tegasnya.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2uRIWlF

No comments:

Post a Comment