Pages

Monday, April 8, 2019

4 Jenis Makanan dan Minuman yang Pantang Dikonsumsi Penderita Asam Urat

Liputan6.com, Jakarta Anda pasti sering mendengar orang dengan asam urat tidak boleh makan ini dan itu. Salah satu yang terkenal adalah pantang makan jeroan.

Seperti disampaikan dokter Andika Widyatama dari Klikdokter, asam urat adalah hasil akhir dari metabolisme sebuah zat di dalam tubuh yang bernama purin. Pada prinsipnya, tinggi rendahnya kadar asam urat dalam darah dipengaruhi oleh peningkatan produksi asam urat atau adanya gangguan pengeluaran asam urat di dalam tubuh.

Kadar normal asam urat berkisar antara 3,4-7,0 mg/dL pada pria dan 2,4-6,0 mg/dL pada wanita. Namun, nilai tersebut bisa berbeda-beda, tergantung standar baku yang digunakan pada masing-masing laboratorium.

Selain diproduksi secara alami dalam tubuh, purin juga dapat berasal dari makanan yang Anda konsumsi. Sangat penting bagi seseorang yang mengalami hiperurisemia atau asam urat untuk menghindari beberapa makanan yang dapat memperparah kondisinya.

Berikut makanan dan minuman yang perlu dihindari penderita asam urat seperti disampaikan dokter Andika.

1. Makanan tinggi purin

Makanan yang memiliki kadar purin tinggi seperti jeroan, daging sapi, daging kambing, ikan tuna, ikan sarden, dan udang tentu saja harus dihindari penderita asam urat. Sebagai gambaran, berbagai makanan tersebut dapat mengandung sekitar 100-500 mg purin dalam setiap porsi berukuran 100 gram.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini Terbaru Terkini - Kabar Harian Indonesia | Liputan6.com http://bit.ly/2U6ksiO

No comments:

Post a Comment