Pages

Friday, August 24, 2018

Mendag Sebut Impor Beras 2 Juta Ton Sudah Tak Ada Masalah

Sebelumnya, Pemerintah kembali mengeluarkan izin impor beras bagi Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) sebesar 1 juta ton pada pertengahan tahun ini.

Izin impor ini merupakan ketiga kalinya setelah sebelumnya pemerintah secara berturut-turut mengeluarkan izin impor beras sebesar 500 ribu, sebanyak dua kali kepada Bulog.

"Tahap 3 sudah. Kemarin 1 juta ton. Jadi 2 juta ton secara keseluruhan di tahun ini," ujar Direktur Perdagangan Luar Negeri Oke Nurwan di Jakarta, Senin 20 Agustus 2018.

Beras yang diimpor rencananya berasal dari berbagai negara yang juga mengimpor beras ke Indonesia beberapa waktu lalu.  "Impor dari berbagai negara. Tergantung, Myanmar, India, Pakistan, Vietnam, Thailand," ujar Oke.

Oke belum dapat menjelaskan berapa total jumlah beras tahap ketiga yang telah masuk ke Indonesia. Hal itu dikatakan merupakan wewenang Bulog sebagai badan yang ditugaskan oleh pemerintah.

"(Jumlahnya) tanya Bulog dong. Itu sudah tahapan mereka untuk realisasi.  Kalau saya nerbitin izin saja," ujar dia. 

Sementara itu, Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita mengatakan, impor beras tahap ketiga ini sudah dibicarakan dengan beberapa lembaga terkait beberapa waktu lalu. Hal ini kembali dilakukan dengan melihat stok beras Bulog.

"Mentan hadir, Dirut bulog hadir. Saya hadir dari memutuskan melihat  perkembangan dari stok yang ada maka kita harus impor gitu keputusannya dan sudah disetujui. Semua keputusan ketok palu dan ada notulennya. Impor itu dibutuhkan atas dasar rakor karena melihat stok," tutur dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Dalam waktu dekat Indonesia akan menerima daging impor yang dikirim langsung dari India.

Let's block ads! (Why?)

from Berita Hari Ini, Kabar Harian Terbaru Terkini Indonesia - Liputan6.com https://ift.tt/2o7AATO

No comments:

Post a Comment